CB Kewarganegaraan

Project Luar Kelas

Character Building-Kewarganegaraan

Identitas anggota pelaksana kegiatan :

Nim Nama Jabatan (ketua, sekertaris, anggota)
2001536586 Ronaldo Tantra Ketua
2001580145 Reno Galang Wakil
2001594011 ElsyaFaradilaSahira E Sekretaris
2001542632 Sarah Fahira Said Anggota
2001603275 VinnezDemaya Anggota

 

Lembar pengesahan proposal kegiatan luar kelas yang sudah ditanda tangani oleh dosen CB:

 

Berkaitan dengan adanya project luar kelas dari pelajaran CB-kewarganegaraan yang mengharuskan mahasiswa/i Binus University untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, maka kelompok kami memutuskan untuk melakukan kegiatan mendaur ulang sampah bersama yayasan Siwali yang berada di Jakarta.

Alasan kami memutuskan untuk mendaur ulang sampah adalah, karena kami ingin sampah yang dianggap tidak bermanfaaat menjadi bermanfaat dan dapat mengurangi tumpukan sampah yang tidak terpakai. Pada kegitan luar kelas ini kami tidak hanya membuat pupuk dari sampah yang tidak terpakai, namun kami juga ikut membantu yayasan Siwali untuk bercocok tanam dan juga kami mengadakan seminar atau sosialisasi terhadap anak-anak yang ada di yayasan Siwali mengenai pentingnya pengolahan sampah dengan cara yang baik dan benar.

berikut ini lampiran mengenai detail kegiatan luar kelas kelompok kami,

pada kegiatan pertama yaitu survei lokasi yang diadakan pada tanggal 18 Maret 2017, tujuan kegiatan tersebut untuk meminta perizinan dan bertemu dengan pemilik yayasan Siwali. kemudian kegiatan dilanjutkan kembali pada tanggal 26 Maret2017. pada kegiatan yang kedua ini kelompok kami mengadakan kegiatan seminar yang target pendengarnya adalah anak-anak yang belajar di yayasan Siwali. Pada kegiatan ini kami memberikan penjelasan dan pemahaman tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan mengolah sampah dengan baik dan benar. saat kegiatan ini berlangsung kami mencoba membawa beberapa contoh sampah yang sudah di bagi menjadi dua kategori yaitu sampah organik dan anorganik, kemudian kami menyediakan sebuah tempat sampah untuk anak-anak dan meminta mereka untuk membuang sampah sesuai dengan jenisnya. tentunya kegiatan tersebut dilakukan setelah kami melakukan penjelasan dan pemahaman kepada anak-anak tersebut. kemudian kami juga memberikan sesi tanya jawab yang dikemas seperti game yang membahas tentang kebersihan lingkungan. setelah kegiatan seminar selesai tentunya kelompok kami tidak lupa untuk memberikan sedikit bingkisan yang berisikan snack dan susu yang kami bagikan kepada anak-anak di yayasan Siwali.

Berikut ini beberapa foto kami pada saat seminar :

 

Kegiatan dilanjutkan kembali pada tanggal 09 April 2017, pada kegiatan ini kami melakukan pembuatan pupuk dari sampah yang sudah tidak terpakai. kami membuat pupuk dari dedaunan kering dan ranting-ranting pohon, kemudian dicampur dengan kotoran kambing dan ayam. Kami membuat pupuk dilahan yayasan Siwali, pembuatan pupuk ini sendiri sebenarnya pada akhirnya akan dimanfaatkan untuk bercocok tanam dilahan mereka sendiri atau untuk dijual. Kegiatan pembuatan pupuk ini sangat bermanfaat bagi lingkungan karena,dapat mengurangi sampah dan menumbuhkan ide-ide kreatif dalam proses pengolahannya.Sebelum kegiatan pembuatan pupuk dilakukan kami harus mengumpulkan sampah dan lahan terlebih dahulu, karena dalam pembuatannya dibutuhkan proses pembusukan agar bisa menjadi pupuk.

Berikut ini beberapa foto kami pada saat proses membuat pupuk :

 

Kegiatan yang selanjutnya kami lakukan pada tanggal 16 April 2107, pada kegiatan ini yayasan Siwali meminta kepada kelompok kami untuk membantu dalam melakukan penanaman tanaman yang akan mereka tanam dilahan mereka. pada kegiatan ini hal yang pertama kami lakukan adalah menyiapkan lahan dan membersihkan lahan yang akan ditanami tanaman dari kotoran-kotoran seperti sampah dan semacamnya.

Berikut ini beberapa foto dari kegiatan penanaman :

 

Kegiatan kami selanjutnya adalah kegiatan perawatan untuk tanaman yang sudah kami tanam beberapa waktu sebelumnya. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23 April 2017  dimana pada kegiatan ini kami merawat tanaman yang sudah kami tanam sebelumnya karena sudah mulai tumbuh dan kami juga ikut membantu membersihkan lahan yang ada di yayasan Siwali.

Berikut foto dari kegiatan perawatan pertama :

 

Berikut ini beberapa foto kami pada saat perawatan kedua :

 

Setelah beberapa waktu tanaman yang kita tanam pun tumbuh dengan subur sehingga kami sudah dapat memanennya. Kegiatan panen ini dilaksanakan pada tanggal 30 April 2017.

Berikut ini beberapa foto saat memanen hasilnya :

 

Dari penjelasan kegiatan yang sudah disampaikan, kami berharap kegitan luar kelas yang kami lakukan dapat memberikan banyak manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat didalam kegiatan ini. Kemudian banyak pelajaran yang kita dapat dari kegiatan sosial ini, seperti tentunya semakin meningkatkan tingkat kepedulian terhadap lingkungan dan berusaha untuk tetap menjaga dan merawatnya. kemudian belajar untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berguna untuk lingkungan kita, karena dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengolah sampah dengan baik dan menjadi sesuatu yang bermanfaat juga sangat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup kita.

 

 

Profil singkat Yayasan Siwali:

Siwali merupakan yayasan yang beralamat di Komplek Taman Alfa Indah Joglo, Jakarta.Siwali sendiri memiliki kepanjangan yaitu silahturahmi warga alfa indah. Yayasan Siwali ini sendiri berdiri sejak 4 tahun yang lalu, dimana Siwali bekerjasama dengan salah satu komunitas yang memperhatikan keadaan lingkungan dan kesehatan anak-anak.

Yayasan Siwali diurus oleh beberapa pemimpin yang berbeda, dimana Ibu Monic adalah pengurus yang mengurus bagian lingkungan hidup dan Ibu Yustin dan Bapak Willy mengurus bagian anak-anak.

kegiatan rutin yang biasa dilakukan yayasan Siwali biasanya seperti, mereka mengadakan kelas di pagi hari untuk anak-anak yang kurang mampu dalam pendidikan, dan melakukan kegiatan pengolahan sampah dan penanaman tanaman di lahan mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *